Jumat, 12 Desember 2008

Ilmu Komunikasi

Ilmu komuniksi adalah kajian yang mempelajari tentang bagaimana interaksi antar individu. Komunikasi memilki definisi proses penyampain pesan antar manusia agar membentuk makna yang sama. Komunikasi berjuguan agar makna yang kita smapaikan dapat tercampaikan dengan baik kepada orang lain. Ilmu komunikasi seharuannya dapat dengan mudah dipelajari orang lain karena komunikasi adalah dasar dari membina hubungan dengan orang lain.Kita dapat mempelajri cara-cara dari A-Z tentang bagaimana cara kita berinteraksi dengan orang lain.

Dalam komunikasi yang paling dasar kita mengenal adanya komunikator atau orang yang menyampaikan pesan, pesan yaitu hal-hal yang ingin disampaikan, dan komunikan adalah orang yang menerima pesan. Ada juga berbagai istilah tentang enconding, deconding, feedback, noise, dan masih banyak lagi.

Mengapa kita harus mempelajari komunikasi? Pertama karena manusia bersifat egois, presepsi manusia bersifatsubjektif. Kedua komunikasi dapat memenuhi kebutuhan karena dengan komunikasi kita dapat mencurahkan apa yang kita rasakan. Ketiga komunikasi itu rumit, dinamis dan terikat oleh budaya. Keempat kenajuan ilmu pengetahuan seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Pada jaman moderen seperti ini informasi menjadi sangat penting, kapanpun, dimanapun, manusia membutuhkan infornasi. Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang dapat mengolah satu informasi agar layak dikonsumsi oleh khlayak. Ilmu komunikasi juga mempelajari tentang segala seuatu yang berkaitan tentang pemberitaan luas kepada khalayak.

Jurusan ilmu komunikasi banyak diminati karena lulusannya banyak yang dapat di serap lapangan pekerjaan.Yang membuat istimewa lagi jurusn ilmu komunikasi berhubungan dunia luas jadi kita dapat mempelajari kebudayaan dan prilaku yang berbeda dari seseorang yang memilki perbedaan dengan kita.

Spesialisai ilmu komunikasi memang di titik beratkan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan penyampain makna kepada orang lain. Kampus Institut Manajemen Telkom juga membuka jurusan ilmu komunikasi walaupun baru di buka petengahan tahun 2008 tapi institusi ini bersungguh-sungguh tentang penjaminan mutu. Selain itu pada jurusan ilmu komunikasi di IMT ditambahakan mata kuliah yang juga menujang lulusannya berkualitas dan dapat besaing seperti mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi(PTI), Pengantar Mana jemen Bisnis(PMB), dan Pengantar Ilmu Ekonomi(PIE).

Ilmu komunikasi adalah pilihan jurusan yang memiliki peluang yang besar bersaing dan mendapat lapangan pekerjaan.

5 komentar:

C.B.M.A.H mengatakan...

Kopo...pangling ih liat mukanya...hehe...btw...good lah artikelnya...Ikom B is d bez

ayu mengatakan...

nampaknya anda sangat menguasai materi dari artikel yang anda tulis...

Vicky_MURDER mengatakan...

kren artikelnya....

lnjutun nulisnya ya..


blz dong komment gw...

add juga ya...

intheri9hts1d3 mengatakan...

mank gbs dipungkiri de,,
qt gbs lepas dr komunikasii.

pa lg tkg gosep ky gw nii,hehe

rini rini dan rini mengatakan...

iaap dund ...
komunikasi emang gag bisa dilepasin dr kehidupan qt ..

GO ikom go ikom B...

hehe